DEFINISI NEW MEDIA (Media Baru)
Media Baru adalah istilah
yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media
yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet
secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network,
online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers (dalam
Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat
era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era
telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media
yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media
baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya
(baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk
berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan
komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan
penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses
komunikasi yang semakin meningkat
PANDANGAN NEW MEDIA
Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena
masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang
mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah
pandangan masyarakat:
Luasnya jejaring sosial yang bisa menghubungkan semua user
di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan mudah.
Kesepian, hal ini yang memicu masyarakat untuk bermain game
di internet maupun online jejaring sosial, tetapi dampak negatif dari faktor
ini adalah terkadang masyarakat bisa terasingkan dari dunia luar(nyata) karena
terlalu fokus pada new media di dunia maya
MANFAAT NEW MEDIA
Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat
misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat
seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan
menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan
semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin
menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk
membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang
dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui
facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun
pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine
kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar
informasi.
Bidang Lowongan Kerja
Bidang Lowongan Kerja
Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup
searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes
masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke
kantor.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu
: Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan
sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses
bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena
dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada.
Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia
sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga
dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat
saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan
Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
APLIKASI NEW MEDIA
1. Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang
jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll.
Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring
sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan
new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
2. Online Shop
Produk produk
sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat
banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui
facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian
konsumen secara cepat.
3. Informasi/Pendidikan
Untuk mencari
segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu
biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun
website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan
new media, yaitu:
Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang
merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk
mencari berita.
CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya
yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti
koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang
menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan
dan berita secara audio visual.
Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang
menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi
langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan
pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada
yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.
Sumber :
o http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses
o http://whileshare.blogspot.com/2011/10/new-media.html
o http://nanda-bima.blogspot.com/2011/10/peng-teknologi-internet-dan-new-media.html
o http://sekarageng.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar